Periksa Web Crawl Error di Google Webmasters Tool

Cara Periksa Web Crawl Error di Google Webmasters Tool

Sudah lama saya tidak memeriksa blog ini di Google Webmasters Tool. Ternyata banyak sekali terdapat banyak error, baik itu yang berupa "Not Found" (Sebanyak 18 error) dan berupa "Restricted by robots.txt" (Sebanyak 12 error).

Error -error ini setelah sy telusuri , kebanyakan bersumber dari Link posting lama yang sy hapus dengan satu alasan, namun masih menempel pada internal linking postingan lain. Error lain terdapat pada Link URL "Author comment" dan pada Link yg ada di kolom "komentar pengunjung".

Karena cukup banyak error yg ada, maka perbaikannya lumayan membutuhkan waktu`yang cukup lama.Karena saya mesti satu persatu memeriksa link-link yang terdapat pada postingan yang ditunjukkan oleh Google Webmasters Tool.Ada beberapa yang saya edit linknya, ada juga yang saya hapus semuanya.

Dan khusus untuk Link yang ada di kolom komentar, terus terang karena saya belum pernah menghapus atau mengedit komentar yang sudah di approve(sudah muncul di blog ini) ,karena semua komentar yang masuk ke blog panduan bisnis ini akan selalu di moderasi terlebih dulu untuk mencegah spamming, maka tentunya saya belum bisa menghapusnya. Dan dari hasil searching di Google, sy menemukan cara yg sy dapatkan disini dan disini .
Di blog yang sy kunjungi itu saya dapat sarikan, bahwa caranya sbb:

Cara menghapus komentar di blogspot
- Login ke akun blogspot kita ,
- Di halaman dashbor blogspot, klik Link "Edit" pada blog yg akan diedit
- Lalu pilih artikel yang akan di edit komentarnya ,kemudian pada halaman artikel yang dituju, lihat disebelah url komentar yang telah masuk, lihatlah pada sebuah ikon gambar "Tempat Sampah". Kita klik ikon tersebut agar komentar yang tidak diinginkan bisa terhapus . Ya cara sederhana yang banyak blogger tidak sadar atau tidak ngeh.

Note : Pada blog panduan bisnis ini,karena utk menampilkan komentar sy setting pada "Comment Form Placement"di "Pop-up window "maka cara diatas tidak bisa langsung diterapkan.Ikon "Tempat sampah" itu tidak muncul , jadi Untuk hal ini diperlukan langkah lanjutan, yaitu sbb:

- Karena blog ini memakai sistem pemunculan komentar dgn pop-up window , maka jendela untuk posting komentar, baru akan muncul ketika di klik tulisan "Post a comment" atau "Poskan Komentar". Nah pada jendela pop-up inilah baru akan terlihat ikon "tong sampah" ini.

Nah itu cara adalah cara "Cara menghapus komentar di blogspot" sebagai bagian dari usaha menghapus link yang error yang terdapat di Google Webmasters Tool.
Selanjutnya,bagaimana cara mengetahui keberadaan Link yang error di blog kita ?

Cara Periksa Web Crawl Error di Google Webmasters Tool
Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui apakah di blog kita terdapat link atau image atau kontent lain yang tidak terdeteksi oleh bot crawl Search engine Google.
Tujuan akhir : Agar blog kita terbebas dari Bad URL atau bad konten dll, yang bisa menyebabkan bot SE tdk bisa mengindeksnya. Dan link atau konten yang tidak terdeteksi karena error atau link yang rusak akan menyebabkan blog masuk dalam kategori blog yang tidak SEO, yang bisa menyebabkan Page Rank(PR) blog turun drastis, dan yang juga mempengaruhi hasil SERP(Searh Engine Result Page) melorot.

Cara nya sbb :
- Masuk ke akun Google Webmasters Tool. Akun webmaster tool ini sudah terintegrasi dengan akun blogspot yang sekaligus akun googlemail(Gmail) anda.
- Pada halaman Google Webmasters Tool, anda akan melihat deretan URL blog yang sudah anda buat, baik itu yang blogspot maupun yang domain sendiri.

- Klik pada URL blog yang ingin diperiksa tsb
- Pada halaman selanjutnya anda akan melihat daftar "Crawl errors", maka kliklah pada Link "Not found"


- Lalu di halaman yang muncul akan tertera link yang error, dan agar kita bisa leluasa, sebaiknya kita simpan saja di hardrive komputer, caranya : Anda scroll kebawah halaman, lalu klik pada pilihan link "Download all sources of errors on this site". Daftar ini akan tersimpan dengan ekstensi excel
- Dari daftar itu lah selanjutnya kita mulai memeriksa satu persatu link-link yang error.

Lelah memang, tapi ini lah cara yang saat ini saya lakukan. Jika ada cara yang lebih baik, silahkan sharing disini ya. Saya akan dengan senang hati menerima kebaikan anda.

Semoga bermanfaat
Dan ditunggu sharingnya ya...

Artikel Lain :


Ingin belajar Kode HTML dan Kode PHP yg lengkap ?
Silahkan berkunjung kesini

Ingin Mencoba berbisnis Air Kesehatan ?
Silahkan pelajari disini : http://airsehatoxy.blogspot.com

Guruku Orang Desa Internet Marketer Kelas Dunia

6 komentar:

ita.gazali mengatakan...

aku masih pemula..., mau tanya gimana cara perbaiki link yang masuk dalam crawl error?

Bahrul Ulum mengatakan...

to:murtafiah, setelah kita download file "Error" dari webmaster google ke excel , maka mau-tak mau harus kita telaah satu persatu pada link2 yang error tsb, lalu di hapus. Untuk blog ber CMS wordpress (blog dgn domain berbayar) kita bisa menggunakan plugin "broken link remover"

Narzis Blog mengatakan...

Punya gue ada 5 yang error.
Ada Alexa, Counter4U, dll.
Tapi bingung gimana cara hapusnya, wkakakakka...

ade sunandar mengatakan...

ok setelah mendownload link remover terus bagaimana ?

sofyanto mengatakan...

cara mengatasi crawl error masukan saja link yang bermasalah pada menu crawl access satu persatu menu remove url. ntar serach engine akan menghilangkan secara otomatis link tersebutpada cache mereka

Alat Rajang pisang sale mengatakan...

Terimakasih atas informasinya gan, langsung saya ke tkp