Google Sidewiki Fitur Baru Dari Google

Google Sidewiki Fitur Baru Dari Google

Google Sidewiki adalah fitur baru yang diperkenalkan google , google sidewiki bisa digunakan sebagai Fasilitas untuk ber komentar atau interaksi dengan pembaca atau pengunjung lain dari suatu halaman web yang dikunjungi.

Kalau diperhatikan Google Sidewiki hampir sama dengan box chatting yg biasanya sering muncul di blog indonesia. Namun Google Sidewiki memiliki banyak kelebihan , diantaranya setiap komentar yang kita buat , langsung bisa sekalian kita publish ke layanan social media lain seperti Twitter, Facebook, dan Blogger

Next.....
in reference to: Panduan Bisnis di Internet (view on Google Sidewiki)

Lebih lengkap tentang Sidewiki
Google browser Sidewiki adalah sidebar yang memungkinkan kita untuk berkontribusi dan membaca informasi bermanfaat di setiap halaman web. Hal ini tersedia sebagai sebuah fitur di Google Toolbar. fitur baru ini dapat dipasang pada toolbar browser Firefox dan Internet Explorer yang memungkinkan bagi penggunanya untuk melakukan posting dan membaca komentar tentang halaman web yang di kunjungi.
Disebut Sidewiki, karena produk ini dapat digunakan untuk menuliskan pendapat tentang konten halaman Web, menunjukkan link ke sumber-sumber online lainnya atau memberikan informasi latar belakang tambahan.

Untuk menggunakan google sidewiki, cukup download versi terbaru dari Google Toolbar yang bisa di download di http://www.google.com/sidewiki/intl/en/index.html , dan lalu aktifkan tombol Sidewiki di Toolbar pada Pilihan menu .

Setelah tombol ditampilkan di Toolbar, klik ikon itu untuk membuka sidebar, di mana kita akan dapat melihat tampilan Sidewiki yang telah ditulis oleh orang lain untuk halaman yang dikunjungi . Jika tidak ada entri , kita dapat menjadi orang pertama yang menulis komentar.
Untuk melihat daftar entri Sidewiki milik kita, kunjungi Google profil dengan sign in ke akun google..

Tambahkan informasi yang berguna untuk halaman web dengan Google Sidewiki
Ketika kita mempublikasikan artikel dalam Sidewiki, kita dapat sekaligus posting ke Blogger yang akunnya sama dengan Account Google kita.
Caranya yaitu sbb :
1. Klik tombol Sidewiki di Toolbar untuk membuka sidebar dan membuat entri psoting. kita akan diminta untuk sign in ke Google Account, jika kita belum sign in
2. Klik My blog di Blogger di bawah entri kita.
3. Pilih blog yang ingin kita update.
4. Klik Publish.

Jika ingin menambahkan sebuah kutipan dari halaman web ke posting blog kita, sorot teks yang ingin dikutip dengan kursor sebelum mengklik Publish
Orang-orang dapat berkomentar tentang isi sebuah halaman Web atau tentang bagian-bagian tertentu dan kemudian mempublikasikan komentar mereka untuk Twitter, Facebook, dan Blogger dari halaman Sidewiki. Di samping teks, Sidewiki juga dapat berisi klip video.
Para pengunjung dapat menyatakan apakah mereka menemukan komentar orang lain, melakukan voting untuk komentar yang mereka temui, dan menentukan apakah komentar tersebut berguna atau tidak dengan memberikan pernyataan “Ya” atau “Tidak”. Dan Sidewiki juga secara otomatis mengimpor ke sidebar pesan lainnya yang diterbitkan di tempat lain tapi yang relevan dengan halaman Web yang bersangkutan.

Google juga berencana untuk membuat Sidewiki yang dapat dipasang pada browser Chrome. Selain itu Google menawarkan fitur yang agak sama yang disebut SearchWiki kepada kita yang menggunakan mesin pencari dan log in ke account Google.

Cara Membaca dan menulis entri Sidewiki
Lihat sudut pandang orang lain pada setiap halaman Web atau memberikan kontribusi masukan kita sendiri dengan mengklik tombol di Sidewiki Toolbar Google. Ketika kita surfing di Web, warna warna ikonl Sidewiki memungkinkan kita mengetahui apakah tampilan Sidewiki yang sesuai untuk halaman yang sedang kita lihat:

Berikut ini keterangan dari masing-masing warna ikon Sidewiki :
Ikon Sidewiki warna kuning menunjukkan bahwa orang-orang telah meninggalkan komentar Sidewiki untuk halaman yang sedang kita lihat. Untuk melihat entri tersebut, klik tombol atau tab biru pada pemberitahuan bar Sidewiki untuk membuka Sidewiki sidebar.

Ikon Sidewiki warna putih menunjukkan bahwa tidak ada tampilan Sidewiki yang tersedia untuk halaman yang sedang kita lihat. Jadilah orang pertama yang meninggalkan komentar! Klik tombol untuk membuka formulir kosong keikutsertaan Sidewiki di sidebar. kita dapat membuat entri tentang Sidewiki seluruh halaman, atau membuat khusus untuk bagian halaman tertentu . Untuk membuat entri tentang bagian tertentu dari halaman, caranya hanya dengan menyoroti bagian halaman dengan kursor mouse , sebelum mengklik tombol Sidewiki. Setelah kita membuat entri, orang lain yang juga memilik Sidewiki dapat melihat dan menilai kegunaan komentar kita.

Ikon Sidewiki warna abu-abu menunjukkan bahwa Sidewiki komentar tidak tersedia untuk halaman yang sedang kita lihat. Ikon ini muncul jika kita mengunjungi adress SSL (https) , halaman yang dienkripsi atau jika Toolbar untuk sementara tidak dapat mengakses layanan Sidewiki.

Fungsi dan cara menggunakan the Sidewiki notification bar
Pemberitahuan bar, ketika diaktifkan, muncul sebagai strip tipis di sisi kiri halaman Web setiap kali entri yang tersedia untuk halaman.
Berikut ini adalah berbagai tombol yang dapat kita lihat di bar:
• tab biru di bagian atas bar memungkinkan kita dengan mudah membuka Sidewiki sidebar.

• Komentar ikon akan muncul ketika ada tampilan Sidewiki untuk bagian halaman.

• Ikon pensil muncul ketika kita blok teks pada halaman yang belum memiliki Sidewiki . Klik ikon pensil tsb untuk membuat entri di Sidewiki tentang teks yang telah di blok.
Bar pemberitahuan akan diaktifkan secara default dalam pengaturan Toolbar.

Bagaimana cara mengubah pengaturan Sidewiki ?
Untuk mengubah pengaturan Sidewiki, ikuti langkah berikut:

1. Klik tombol drop-down pada sisi kanan tombol Sidewiki pada Toolbar Google.
2. Pilih Sidewiki Options..
3. Pengaturan Sidewiki berada di bawah menu Pilihan Toolbar Google:
* Untuk menonaktifkan Sidewiki, hilangkan centang pada 'Sidewiki'. Maka Tombol Sidewiki akan dihapus dari Toolbar.
* Untuk menonaktifkan pemberitahuan Sidewiki , hapus pilihan pada kotak centang 'Enable notification bar'. kita masih dapat membuka sidebar dengan mengklik tombol di Toolbar.
* Untuk melihat tampilan Sidewiki dalam semua bahasa yang tersedia, hilangkan centang pada kotak pilihan 'Only show Sidewiki entries in my browser languages. Secara default, kita hanya melihat entri yang ditulis dalam bahasa yang telah kita tetapkan untuk browser kita.
4. Selanjutnya Klik Simpan.


Tidak ada komentar: