Cara Mendapatkan Modal Untuk Usaha

Cara Mencari Modal Usaha
By : Bahrul Ulum

Modal usaha untuk orang kalangan “The have” mungkin bukanlah menjadi kendala.Tapi bagi kita yang berangkat dari keluarga “The minim”…bisa dipastikan modal adalah salah satu faktor yang bisa menyurutkan langkah , termasuk juga dalam hal biaya untuk aktifitas internettan ini seperti : biaya untuk beli domain dan hosting atau untuk beli tool yang menunjang .

Untuk itu,saya disini akan sedikit mengurai masalah bagaimana modal tsb bisa kita usahakan...yakni dengan cara :

- Menjual barang bekas : misal koran bekas,botol bekas,buku bekas,majalah bekas,atau apa saja lah ya…pokoke yg bekas..

- Kerjasama dengan teman.: Kunjungi teman yang punya banyak kelebihan uang,tapi bingung mau diapakan. Untuk hal ini,syarat utama anda harus Kredibel dimata teman anda ini.

- Pinjam ke Bank . Ini merupakan salah satu cara yang bagi sebagian orang masih sulit di`terapkan,karena meskipun ada beberapa bank yang katanya bisa pinjam uang tanpa jaminan,tapi tetap saja pada akhirnya kita akan dijerat dengan segala tetek bengek semisal bunga yg segunung, atau beberapa syarat yg sulit kita penuhi.

- Anda bisa coba pergi ke kantor kelurahan,karena biasanya disana ada info mengenai pinjaman usaha skala kecil,dan untuk hal syarat “Mesti punya usaha” Untungnya petugas kelurahan didaerah saya baik, saya disarankan untuk "minjam “usaha teman saya yg sudah berjalan.Dan saya berhasil mendapatkan pinjaman dari Kelurahan sebesar sebelas juta,dengan menggunakan trik ini.
Note : Sekali lagi saya tekankan , bahwa ini salah satu bukti,jika niat kita kuat,maka Allah akan memudahkan setiap jalan kita.

- Pinjam ke Koperasi “simpan Pinjam” untuk hal ini sebelumnya anda harus menjadi anggota koperasi terlebih dulu ,dan biasanya ada syarat untuk bisa mendapatkan pinjaman,misalnya harus telah menjadi anggota minimal 6 bulan.

- Pinjam ke Teman… Nah..ini yg akan sy berikan sedikit pengalaman dalam hal minjam uang ke teman.

Di masa lalu , saya punya pengalaman yang cukup pahit , mungkin juga teramat pahit.Sebab untuk mencoba berdagang koran saja saya harus pinjam modal buat jaminan ke juragan koran. Untuk berdagang yang lebih besar lagi , saya tak bisa, sebab modal... sekali lagi... tak punya...!!

Alhamdulillah...beruntung kini hal-hal semacam itu sudah jauuuh sekali meninggalkan saya. Untuk anda yang sampai saat ini masih mengalami peristiwa seperti saya dulu , bisa mengikuti trik sederhana yang ampuh.Cara ini sudah banyak yang berhasil diterapkan oleh teman-teman yang minta saran ke saya .

Untuk mulai mencari modal , ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Tetapkan berapa jumlah modal yang anda butuhkan.Misalnya 2 juta atau 5 juta atau berapa saja terserah anda , yang penting logis.
  • Buatlah daftar nama teman-teman anda , semakin banyak makin bagus
  • Bikin lah sebuah surat yang isi nya permohonan pinjam uang ke teman-teman anda itu
  • Jadikan surat permohonan ini sebagai jaminan anda, dan buatlah teman anda untuk percaya kepada anda.
  • Fotocopy surat tadi sebanyak nama yang telah anda buat di daftar nama
  • Mulailah datangi teman-teman anda satu persatu dan berikan surat permohonan anda tadi
  • Jika anda beruntung , dan Allah menghendaki, Insya Allah i'tikad baik anda akan mudah terpenuhi.
Dan ingat : Cara ini sudah sering berhasil dipraktekkan oleh teman-teman saya.Ada teman saya yang ingin punya rumah dan bingung buat uang muka nya, lalu saya sarankan cara ini.Tak sampai satu minggu dia laporan ke saya sudah mendapatkan uang pinjaman dengan mudah.Padahal target dia dari 30 orang teman saja.Ada pula teman saya yang ingin berusaha di bidang rental dan pengetikan komputer ,butuh dana 5 juta untuk beli komputer , printer dll, lalu saya sarankan cara ini, dan dalam waktu 2 minggu teman saya ini sudah berhasil mendapatkan modal pinjaman tak berbunga ini.Jadi silahkan mencoba jika anda betul-betul niat ingin usaha.

Tips supaya cara ini berhasil :
  • Jika umpamanya anda membutuhkan modal 2 juta ,
  • Dan anda telah mendaftar sebanyak 100 nama teman.
  • Maka untuk setiap nama teman itu akan anda pinjam uangnya : 2 jt /100 = 20 rb .
  • Jika anda punya 200 teman : maka satu teman = 2 jt/200 = 10 rb .
  • Semakin banyak nama teman anda , akan semakin kecil jumlah pinjaman ke masing-masing teman , dan akan semakin besar peluang anda mendapatkan pinjaman itu.
Tips Lain : Jika anda ingin belajar bagaimana membuat motivasi anda bangkit, atau anda ingin supaya di mudahkan dalam usaha, silahkan baca artikel-artikel saya tentang hidup dan motivasi hidup dll di : http://samudrailmuku.wordpress.com/

Tips akhir : Ingat lah... jangan lupa untuk membayar utang anda . Sebab yang namanya utang , akan terus ditagih sampai ke akhirat nanti. Jika di awal anda punya niat jelek ,misalnya cuma ingin mengelabuhi teman anda ,sebaiknya janganlah anda lakukan. Saya menulis kan disini karena saya ingin berbagi kepada anda yang memang benar-benar punya niat baik untuk sukses , namun terbentur masalah mencari modal .

Semoga bermanfaat... dan jangan lupa silahkan berkomentar disini ya....

Artikel lain :


Guruku Orang Desa Internet Marketer Kelas Dunia

1 komentar:

Bola Kita mengatakan...

Keren Mas tipnya, Nggak kebayang juga kalo emang ada cara ini. ini bisa dibilang juga mindset yach ?? kalo ini kita puter balikan untuk mencari keuntungan di internet ... hmmm ok kali yach